lomba mancing 16137 peserta dari dalam dan luar Kabupaten Rote Ndao ikut dalam Lomba Mancing yang digelar Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao guna memperebutkan Piala Bupati Rote Ndao yang berlangsung di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Tulandale Kelurahan Metina Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Peserta yang ikut dalam lomba mancing tersebut mencapai 137 orang yang dibagi kedalam 35 tim, dari 35 tim tersebut 33 tim berasal dari Kabupaten Rote Ndao dengan 128 peserta sedangkan 2 tim lainnya berasal dari Kabupaten Kupang  dengan jumlah peserta sebanyak 9 orang. Perlombaan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 09 -10 Desember 2016.

Para Para peserta dilepas secara simbolis oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Melkias R. Rumlaklak, pada Jumad (9/12) pukul 05.00 WITA bertempat di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Tulandale, Kelurahan Metina, Kota Ba’a.

Usai pelepasan secara simbolis, para peserta kemudian langsung bergerak dengan spot memancing dari perairan Batu Termanu sampai di Pulau Dengka dan kembali ke lokasi semula pada Pukul 16.00 WITA.

Pada pembukaan kegiataan yang berlangsung pada sore hari, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Melkias R. Rumlaklak menyampaikan, salah satu kebijakan pemerintah kabupaten dalam pembangunan kebudayaan dan pariwisata adalah melalui pendekatan pembangunan berbasiskan masyarakat dari, oleh dan untuk rakyat .

Menurutnya, event yang digelar tersebut tentunya akan menarik wisatawan baik mancanegara maupun domestik sekaligus memperkenalkan wilayah Rote Ndao sebagai daerah tujuan wisata bahari.

Lanjut Melkianus R.Rumlaklak, tujuan pihaknya menggelar event yakni mengembangkan wisata bahari melalui Lomba Mancing sebagai salah satu produk paket wisata pada daerah destinasi unggulan serta menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta wisata bahari pada masyarakat Kab. Rote Ndao.

Bupati Rote Ndao dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Melyanus Mandala mengatakan bahwa Lomba Mancing yang digelar menjadi salah satu potensi daya tarik wisata yang perlu dikemas dengan baik sehingga menjadi event yang potensial yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dapat memberikan kontribusi yang yang signifikan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berharap agar perlombaan mancing yang akan dilaksanakan kiranya dapat dijadikan sebagai salah satu event tahunan dalam mendukung kepariwisataan di Kab. Rote Ndao sebagai daerah tujuan wisata di Provinsi NTT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017