Setda,– Sebanyak 27 paket perencanaan  pembangunan fisik dengan total pagu anggaran lima puluh tiga milyar seratus tujuh puluh delapan juta dua ratus tiga puluh tujuh ribu empat ratus rupiah dipresentasikan oleh konsultan pelaksana di hadapan Bupati Rote Ndao dan forum koordinasi pimpinan daerah ( forkopimda )  serta  Kepala Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang kerja Bupati Rote Ndao,  kamis ( 30/3 ).

Keduapuluh tujuh paket tersebut tersebar di empat  OPD, pertama Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan sebanyak empat paket yakni  Jasa konstruksi pembangunan/perluasan Tudameda, Jasa Konstruksi Pembangunan/pengembangan pasar Mbokak, jasa konstruksi renovasi/revitalisasi bangunan Pasar Metina dan lanjutan Revitalisasi Ruang Produksi Tenun Ikat dipresentasikan oleh konsultan pelaksana, Tony Balukh.

Kedua, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebanyak sembilan belas paket yakni, di bidang SDA dan Irigasi, Pembangunan Jaringan Irigasi Oemau, Jaringan Irigasi Nates, Irigasi Lopudale dan jaringan irigasi Letelangga  oleh konsultan pelaksana, Melkias Lenggu dan bidang Bina Marga, Peningkatan ruas jalan Sp. Tudameda-Nemberala ( hotmix ), Peningkatan ruas jalan Sanggaoen – Batulai( hotmix ),  Peningkatan ruas jalan Busalangga – Oemilan ( hotmix ), Peningkatan ruas jalan lekunik-Limbalain ( hotmix ), Peningkatan jalan  Nggelak – Oenitas( hotmix ), Peningkatan jalan Ombok – Oelua( hotmix), Peningkatan jalan Panaoen – Rarano ( lapen ), Peningkatan ruas jalan lingkar Bavalala-Koli ( lapen ), peningkatan ruas jalan Olalain-Oendule ( hotmix ), peningkatan ruas jalan Batutua-Oele ( hotmix ), peningkatan ruas jalan Ombok-Oelua ( hotmix ), peningkatan ruas jalan lingkar Kilabakoe-Batilangga ( lapen ) peningkatan ruas jalan lingkar Batutua ( lapen), peningkatan ruas jalan Oelua – Boni ( lapen ) oelh konsultan pelaksana, Robby Kore Ballo dan pembangunan jemabatan Batulilok oleh konsultan pelaksana, Melkias Lenggu.

Ketiga, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja sebanyak tiga paket yakni pembangunan jalan dan bangunan pendukung  jalan satuan pemukian transmigrasi Oenitas, pembangunan listrik tenaga surya ( PLTS ) communal satuan pemukiman transmigrasi Lidor dan pembangunan rumah transmigran dan jembatan keluarga tipe 36 kawasan transmigrasi di desa Oenitas

Dan keempat,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebanyak satu paket yakni jasa konsultasi perencanaan teknis rehabilitasi ruas jalan Lekunik-Oele ( hotmix ).

Pada kesempatan ini Bupati  Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM menegaskan agar perencanaan harus sesuai jadwal. “ Perencanaan harus tepat waktu sesuai yang telah ditentukan, kemudian satu minggu setelah presentasi secepatnya dilakukan penyesuaian sesuai dengan usul saran dari unsur forkopimda, asisten dua dan juga kadis PU dan penataan ruang. Hasil penyesuaiannya segera dilaporkan kembali,” tegas Bupati Drs. Leonard Haning, MM.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Rote Ndao, Hiras Sitanggang,SH,MH meminta kepada PPK dinas Koperasi,UMKM Perindag agar tanah yang akan dibangun pasar  harus  bebas dari masalah, dengan demikian ketika kegiatan pembangunan berlangsung tidak ada complain dari pemilik tanah.

Ketua DPRD Rote Ndao, Alfred Saudila, A.Md berharap kedepan perencanaan pembangunan fisik yang akan dikerjakan disesuaikan dengan kondisi tanah baik tekstur tanah maupun kemiringan tanahnya. “agar  kualitas bangunannya baik, selain itu ada nilai estetikanya,” jelas Alfred Saudila.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan mengusulkan agar di pasar Metina – Ba’a  jangan ada lagi los pasar darurat karena akan nampak kumuh. Untuk itu dia meminta dinas teknis memperhatikan ijin membangun. ( Umum, Humas dan Protokol Setda Kabupaten Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017