Drs. Ibrahim Agustinus Medah yang adalah Senator DPD RI saat memberikan sekapur sirih pada peminangan  Leonard Rona Mata dan Victoria Henutesa Haning mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bupati Rote Ndao dan sejumlah masyarakat Rote Ndao pada acara peminangan ini yang dipadukan dalam nuansa adat Sabu dan Rote.
“kemanapun kita pergi keujung dunia adat itu tetap melekat pada diri kita dan itu yang menunjukan identitas dan warna hidup serta menunjukan kebanggaan hidup kita dan sangat baik sekali kalau prosesi adat ini dihidupkan kembali” kata Iban Medah.
Iban Medah menambahkan bahwa mengapa prosesi adat ini tetap harus dilahirkan kembali dan dihidupkan kembali serta hidup terus sepanjang hidup kita, karena kita hidup dinegara yang banyak keberagamannya dan didalam keberagaman itu masing-masing orang menunjukan identitasnya baik itu suku Sabu, Rote, Flores, Timor dan sebagainya, semuanya itu menunjukan adatnya masing-masing dengan mengajarkan cara hidup yang benar-benar bagus.
“Indoanesia masih bisa tetap bersatu sampai pada saat ini karena kita lahir dari masyarakat adat yang tetap kita pelihara adat itu sampai pada saat ini” kata Medah
Ia juga merasa bangga dengan digelar acara budaya yang dilaksanakan seperti ini karena memiliki makna identitas orang Rote dan orang Sabu sehingga Medah berharap kedepan event perminangan secara adat seperti ini bisa dijadikan sebagai obyek pariwisata untuk turis.
Medah juga merasa bangga dengan Bapak Bupati Rote Ndao yang bisa memelihara adat istiadat dan menghidupkanya dengan cara yang hebat.
Kehadiran masyarakat dengan mengenakan pakian adat dari berbagai suku, Sabu dan Rote yang memadati kompleks rumah jabatan bupati di desa Sanggaoen ini sebagai bukti pelestarian adat karena adat adalah identitas diri seseorang, bahkan dengan adat pula orang dikatakan bermoral.
Demikian dikatakan Ibrahim Medah dalam sekapur sirih peminangan putri sulung Bupati Rote Ndao Drs. Leonard Haning di rumah jabatan Bupati, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Sabtu (20/5/2017) malam.
Sementara itu, Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM, secara pribadi dan keluarga bangga dengan kehadiran para tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat Rote Ndao, untuk mendoakan kebahagian keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017