Kades Rote Ndao 2016Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM  mengambil sumpah jabatan dan melantik 43 Kepala Desa terpilih yang tersebar di 10 kecamatan untuk periode 2016 – 2022, pada Jumat(16/12/2016) pagi bertempat di Auditorium Ti’i Langga.

 Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Rote Ndao, Paulina B.Haning, jajaran Forkopimda Kab.Rote Ndao, jajaran kepala SKPD, para Camat, ratusan tokoh adat  atau Manaleo serta warga dari berbagai desa.

Bupati Haning dalam sambutannya menyampaikan dari 82 desa di Kab. Rote Ndao terdapat 73 desa yang masa jabatan kepala desanya berakhir pada 2016, namun berdasarkan pertimbangan pengelompokan akhir masa jabatan, kemampuan keuangan daerah, serta ketersediaan PNS di lingkup Pemkab. yang memenuhi persyaratan sebagai penjabat kepala desa, maka Bupati menetapkan 45 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa. Kendati demikian, pada pelaksanaannya, 1 desa tidak dapat dilaksanakan, dan 1 desa akan dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara ulang pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

“Jabatan adalah amanah dari masyarakat yang dipercaya. Untuk itu amanah tersebut harus dijalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati Haning saat memberikan arahan kepada 43 kepala desa yang dilantik.

Kepala Desa sebagai pimpinan wilayah lanjut Haning, memiliki fungsi pokok dalam mengayomi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan, dimana hal tersebut dapat dicapai melalui pendekatan kepemimpinan yang mampu mempersatukan dan menggerakan seluruh element yang ada untuk turut bersama-sama membangun desanya.

“program pembangunan harus dilaksanakan bermanfaat secara efektif dan efisien bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Kades menurut Haning, harus mampu memberikan perhatian aspirasi masyarakat yang dianggap baik bagi pembangunan di desa.

Ia menyampaikan selamat kepada seluruh kades yang terpilih dan dilantik dan mengucapkan terima kasih kepada para kades yang telah berakhir masa jabatannya.

Dalam pelantikan kepala desa, juga dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK tingkat desa oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Rote Ndao, Paulina B.Haning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017