Sedeoen,– Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM   didampingi oleh Ketua TP. PKK Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE melakukan panen raya  padi gora di kompleks persawahan Loedik milik kelompok tani  Loedik Makmur, Desa Sedeoen, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu(15/4/17 ).
Turut hadir Wakapolres Rote Ndao, Kompol Yohanes Cristian Tanau, Ketua Pengadilan Negeri Rote Ndao, Hiras Sitanggang,SH,MH,  Pasi Ops Kodim 1627 Kapten Y. Brata Alam, Asisten II Setda Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala, serta pimpinan OPD Lingkup Pemkab Rote Ndao serta masyarakat desa Sedeoen.
Bupati beserta rombongan disambut oleh camat Rote Barat, Petson Hange dengan tarian adat Rote serta pengalungan selendang dan topi tii langga.
Camat Rote Barat, Petson Hange pada kesempatan itu mengatakan bahwa sekian lama daerah ini tertidur dan tidak terjamah tetapi saat ini masyarakat telah mengolahnya dengan tangan-tangan trampil sehingga dapat memberikan hasil yang baik untuk kehidupan mereka, oleh karena itu dapat bersyukur kepada Tuhan karena sekian lama tanah-tanah tersebut tidak terjamah tetapi saat ini Tuhan memberikan hujan yang cukup sehingga lahan pertanian ini dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Selain itu Bupati Haning pada kesempatan ini mengungkapkan  bahwa pemerintah siap membantu masyarakat petani untuk memanfaatkan lahan tidur yang masih ada dengan memberikan peralatan untuk mengolah tanah dan juga bibit serta motor air dan perpipaan untuk mengairi lahan pertanian dari embung yang ada.
“pemerintah siap bantu tetapi harus bentuk kelompok tani dan siap turun tanam, jangan buat kelompok tidur dirumah” kata Bupati Haning.
Lanjut Bupati bahwa selesai musim hujan ini setelah tanah kering dirinya akan mendorong agar tractor besar dapat mengolah lahan dan biayanya dibebankan kepada ibu Paulina Haning-Bullu yang menanggungnya dan tidak dibebankan kepada pemerintah.(diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017