pengresmian aiRote 2016Bupati Rote Ndao Drs. Leonard Haning Kamis (10/11) siang meresmikan Perusahaan Air Mineral “aiRote” milik PT. Telaga Akua “ku” Indah, yang bertempat di RT003 RW. 002 Dusun Tuabuna Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain.

 

Peresmian satu-satunya perusahaan air Mineral di Kabupaten Rote Ndao tersebut berlangsung sangat meriah, hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memadati Tempat acara tersebut ,

Suasana peresmian semakinmeriah tatkala Rombongan Bupati bersama Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat yang juga membawa serta beberapa Artis senior ibukota jakarta seperti Ayu Asahari, Ria Iriawan dan lain-lain tiba dilokasi, saat para artis turun dari mobil yang ditumpangi mereka warga dan para tamu undangan langsung menyerobot barisan awak media guna mengambil gambar para tamu tersebut, bahkan sebagian masyarakat dan tamu undangan lainnya sibuk berpose bersama Ayu Ashari diselah-selah acara penyambutan

Usai disambut dengan tuturan adat setempat, Bupati Haning secara kehormatan mengenakan Topi Ti’i Langga kepada Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Viktor Bungtilu Laiskodat, dan selimut kepada anggota rombongan, yakni artis ibukota, Ayu Azhari, Ria Irawan, mantan presenter Metro TV, Virgie Baker, dan anggota rombongan lainnya. Hadir pula siang itu, segenap pimpinan SKPD dan jajaran Forkopimda Kab.Rote Ndao.

Perwakilan keluarga, Petrus Chritstian Mbuik, dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini kita merayakan suatu hari yang sangat bersejarah, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, dari Kulobolon mengukir sejarah untuk Rote Ndao yakni peresmian Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) satu – satunya di Rote Ndao.

Menurut, Chris Mboik, begitu ia akrab disapa, peresmian Air Mineral “aiRote” memiliki beberapa makna yakni tidak saja hanya bermakna secara ekonomi tetapi juga bermakna secara politik.Makna ekonominya adalah adanya pertumbuhan industri. Mungkin bagi orang di Pulau Jawa pabrik ini dianggap skala kecil tetapi untuk orang Rote dan NTT umumnya adalah hal yang besar. Mendirikan bisnis seperti ini bukanlah hal mudah karena banyak sekali kendala.

“ Saya ingat, pernah saya menghadap Bupati di rumah pribadinya di Kupang dan melemparkan gagasan ingin mendirikan perusahaan air minum dalam kemasan dan respon beliau sangat positif dan buahnya hari ini “ ujar Chris Mboik.

Lanjutnya, secara ekonomi, keberadaan pabrik ini akan membawa dampak yang besar tidak saja bagi perusahaan tetapi juga bagi lingkungan sekitar. Dampak ikutannya sangat banyak. Selain membuka lapangan pekerjaan, hal lainnya yakni akses jalan  menuju pabrik akan diperbaiki, yang mana saat ini kondisinya berlubang dimana – mana.

Tidak hanya itu, menurut Chris Mboik, dari sisi politik ini berdampak politis luar biasa. Menunjukkan keberhasilan bupati memimpin daerah. Pemimpin daerah yang berhasil bukan dia yang melakukan semua. Di daerah lain ada yang menggembar – gemborkan keberhasilan tetapi itu semua  dikerjakan oleh pemerintah. Pemerintah yang mengerjakan semua  itu tanda pemerintah yang gagal.Pemerintah yang berhasil adalah pemerintah yang mampu mendorong swasta berkembang “ ujarnya tegas, disambut riuh tepuk tangan hadirin. Menurutnya, yang terjadi hari ini di Rote Ndao  menunjukkan bahwa fungsi pemerintah berjalan baik, pemerintah menjadi fsilitator sehingga swasta bertumbuh. Produk air mineral “aiRote” ini bukti nyata keberhasilan Pemkab Rote Ndao menguatkan partisipasi pihak swasta.

Sementara itu Bupati Rote Ndao dalam Sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas niat baik dari Keluarga Besar Mbuik kususnya jajaran Pemimpin Perusahaan PT. Telaga Akua “ku” Indah dan jajaran yang telah mendedikasikan diri untuk membangun Rote Ndao dengan mendirikan sebuah Perusahaan di Kabupaten Rote Ndao.

Selain itu Bagi Bupati Haning, kehadiran dan beroperasinya pabrik Air mineral  tentu akan memberi stimulus bagi  tumbuh dan berkembanganya industri baru. Pada kesempatan itu, sebagai bentuk dukungan, Bupati menegaskan setiap SKPD lingkup pemerintahan Kab. Rote Ndao wajib menggunakan air minum dalam kemasan “aiRote” sebagai minuman yang disiapkan di meja dalam setiap kegiatan pemerintahan.

Kepada masyarakat, Bupati Haning juga menyampaikan akan memperbaiki secara perlahan jalan yang tengah mengalami kerusakan. Bupati juga mengajak semua warga Rote Ndao untuk mencintai produk lokalnya, dengan memanfaatkan “aiRote” untuk dikonsumsi maupun diperdagangkan.

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika didaulat menyampaikan sekapur sirih, mengatakan ia berterimakasih kepada  Pt. Telaga akua “ku” Indah yang telah membangun pabrik air minum  dalam kemasan dengan merek “aiRote “. Menurutnya, kehadiran ini tidak hanya merupakan moment bersejarah untuk mengajak masyarakat Rote Ndao kembali minum airnya sendiri tetapi juga mengajak  bagaimana mulai berpikir untuk melakukan kapitalisasi seluruh potensi alam  di Rote Ndao.

Lanjutnya, untuk maju ke depan, Kab. Rote Ndao  tidak bisa bergerak secara bertahap. Rote Ndao sudah luar  biasa pariwisatanya , maka tidak ada pilihan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Rote Ndao untuk melakukan lompatan budaya. “ Hari ini namanya Rote sebagai pulau terselatan Indonesia dimana terkenal dengan ombaknya yang sangat baik sejajar dengan ombak di Hawai menjadi daya tarik  yang luar biasa bagi seluruh peselencar di dunia “ ujar Viktor Laiskodat. Dirinya mengharapkan, peresmian pabrik menjadi momentum kebangkitan orang Rote Ndao dalam memaksimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Menurutnya, kehadiran “aiRote” adalah hanya salah satu alat untuk memenuhi kebutuhan orang – orang yang hadir di Pulau Rote karena daya tarik Rote yang magis dan luar biasa itu. Hari ini sudah ada pabrik air minum dalam kemasan, ke depannya perlu ada perusahan air minum dalam kemasan lainnya sehingga ada persaingan dan memberikan kualitas yang baik bagi konsumen. Persaingan melahirkan kualitas. Di akhir sambutan, Viktor Laiskodat berpesan kepada segenp warga yang hadir untuk memiliki kebanggaan sebagai orang Rote dengan memaksimalkan segala potensi alam dan budaya untuk kemajuan.

Usai sambutan dari anggota DPR RI, Viktor Laiskodat, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Rote Ndao, Leonard Haning dan Anggota DPR RI, Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai tanda peresmian pabrik air minum dalam kemasan pertama di Kab. Rpte Ndao tersebut. Selain itu, disaksikan langit yang cerah dan seluruh undangan, Bupati Haning membuka selubung kain penutup papan nama perusahan. Artis Ibukota, Ayu Azhari didaulat untuk mengunting pita di pintu utama pabrik. Dengan senyum yang tak pernah lepas dari wajahnya, Ayu Azhari menggunting pita merah di pintu yang dilapisi kaca berwarna – warni.

Setelah diresmikan, semua tamu undangan diajak masuk ke tengah pabrik untuk dari dekat melihat aktivitas dan interior pabrik yang tampak dipenuhi dengan mesin produksi yang canggih. Peninjauan pabrik dipandu oleh Direktur perusahaan, Jonson Jolando. Semua tamu tampak terkesima menyaksikan demo proses produksi air minum dalam kemasan dengan varian gelas yang  dilakukan oleh karyawan pabrik. Selain itu, tampak warga dan tamu undangan yang berebutan hendak  berfoto dengan artis ibukota, Ayu Azhari di tengah pabrik“

Siang itu, kemeriahan peresmian pabrik air minum dalam kemasan dari PT. Telaga akua “ku” Indah dengan merek “aiRote” diakhiri dengan makan siang bersama. Sebelum anggota DPR RI, Viktor Laiskodat berserta rombongan dan Bupati Haning, tetua adat setempat mengajak mereka semua untuk bergembira bersama dalam Tarian Kebalai. Kemeriahan siang itu , tidak hanya memecahkan kesunyian Desa Kolobolon, lebih dari itu mengangkat Rote Ndao dalam momentum kerja nyata untuk secara bertahap membangun industri berbasis potensi sumber daya alam ke depannya.  Tidak salah mengucap singkat “ dari Kolobolon untuk Rote Ndao “ (brtntt)  

https://www.youtube.com/edit?video_id=EtQ-dRr2OeA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017