Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM mebuka kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-3 yang dirangkai dengan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-14, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-24 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diadakan dihalaman Auditorium Ti’i Langga Permai, Kabupaten Rote Ndao, Rabu(26/04/2017) sore.
Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna dan pameran kerajinan tingkat Provinsi NTT tahun 2017 yang mengambil tema “Dengan Dana Desa Kita Tingkatkan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna untuk kesejahteraan dan kedaulatan desa”.
Bupati Rote Ndao, Leonard Haning dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan gelar teknologi tepat guna ini mengingatkan kita pada perenungan sekaligus sebuah refleksi terhadap potensi yang kita miliki di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang belum dimanfaatkan secara baik dan upaya bagaimana merangkai teknologi tepat guna untuk menopang ekonomi masyarakat desa dalam menunjang kehidupan yang lebih sejahtera dan berkeadilan.
Lanjut Haning, kegiatan teknologi tepat guna dan pameran kerajinan ini merupakan kegiatan tahunan untuk memasyarakatkan hasil teknologi tepat guna yang ditemukan dan dikembangkan oleh anak-anak kita sendiri dalam bentuk rancang bangun yang tersebar diseluruh kabupaten/kota se-NTT, selain itu juga dalam gelar teknologi tepat guna ini terdapat pameran yang dijadikan sebagai ajang promosi sekaligus pertukaran informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan masyarakat khususnya yang tinggal dipedesaan.
“saya berharap dengan gelar telnologi tepat guna dan pameran ini mengingatkan kita untuk fokus pada sektor yang benar-benar memiliki potensi untuk dikembangkan dan dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri” kata Bupati Haning.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Provinsi NTT, M. P. Florianus mengatakan bahwa kegiatan gelar teknologi tepat guna dan pameran hasil kerajinan serta hasil olahan panen masyarakat tahun ke-3 tingkat Provinsi NTT tahun 2017 ini di Kabupaten Rote Ndao sesuai dengan tema yang telah diambil yaitu “Dengan Dana Desa Kita Tingkatkan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna untuk kesejahteraan dan kedaulatan desa”, tema ini merupakan spirit sekaligus implementasi dari UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, sehingga regulasi ini memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian yang lebih besar dari pemerintah provinsi dan kabupaten untuk melakukan percepatan pembangunan di desa, untuk itu kegiatan gelar Teknologi Tepat Guna ini diselenggarakan setiap tahun dikabupaten secara bergilir sebagai ajang promosi alat-alat teknologi tepat guna dan produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten/kota serta ajang pertukaran informasi.
Lebih lanjut Florianus mengatakan bahwa salama 3 tahun kegiatan pameran teknologi tepat guna, hari ini di Kabupaten Rote Ndao merupakan stan yang paling banyak dari tahun-tahun sebelumnya dikabupaten lain yaitu berjumlah 51 stan.
Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas C. Lun,S.Pd, semua unsur Forkopimda Rote Ndao, Kepala Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT, Ketua dan Wakil Ketua Tim PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se- NTT, Kepala BKKBN Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT, Sekretaris Daerah Rote Ndao, Kepala OPD Lingkup Pemkab Rote Ndao, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Rote Ndao, Kepala BUMN dan BUMD se-Rote Ndao, tokoh agama dan tokoh adat.(diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017