syukuran kades oebou 16Oebou,– Kepala Desa diingatkan agar mengelola keuangan secara baik dan teratur sehingga dapat dipertanggung jawabkan. Sebab kedepan dana yang mengalir ke desa cukup besar mencapai milayaran rupiah.

“ Tanggungjawab kepala desa kedepan sangat berat, untuk itu selain belajar sendiri tapi juga tak perlu malu bertanya jika tidak tahu atau ragu-ragu harus konsultasikan,” ujar Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM pada acara syukuran pelantikan kepala desa Oebou, Paulus Mooy di dusun Lelesur, Desa Oebou, Kecamatan Rote Barat Daya, selasa ( 27/12 ).

Desa Oebou lanjutnya, dialokasikan dana bagi pelaksanaan pembangunan sebesar Rp. 1,4 milyar. “ Dana ini tak perlu bangun jalan bangunlah koperasi agar ekonomi berjalan di desa secara produktif,” tambah Bupati.

Bupati menyampaikan pesan agar Kades yang baru dilantik menghindari perpecahan. “Proses pemilihan sudah berakhir, rangkul kembali semua, jauhkan perbedaan supaya saudara dapat menjalankan tugas dengan maksimal, jangan lagukan ada anak masing-masing di sudutnya tapi lagukan hai mari berhimpun dan bersuka ria ” katanya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan dialog Bupati dengan warga setempat. Dalam dialog yang dipandu Camat Rote Barat Daya, Jusup Messakh, beberapa warga desa diantaranya, Soleman Tode, Martinus Baba dan Alfred Manafe meminta bantuan penerangan listrik, alat-alat mesin pertanian seperti pompa air, traktor, perbaikan jalan dan juga bantuan ternak sapi.

Menanggapi permintaan warga tersebut, Bupati menyarankan agar permintaan bantuan alsitan disampaikan kepada pemerintah secara tertulis melalui proposal. “ Saya pastikan hari ini saya akan berikan bantuan traktor dan pompa air asalkan masukan proposal. Sedangkan kaitan dengan pembangunan jalan nanti bapa, mama dong usulkan lewat jalaur musrenbangdus, desa dan seterusnya,” jelasnya.

Untuk diketahui acara syukuran pelantikan dimaksud diawali dengan tarian penjemputan Bupati dan rombongan dilanjutkan dengan tuturan adat oleh salah satu tokoh adat, penyematan topi tii langga dan selendang kepada Bupati. Acara lanjutkan dengan prosesi adat E’eti dedek ( tanda resmi menjadi pemimpin kepada Kepala Desa yang telah dilantik dan istrinya) dalam bentuk penyerahan tongkat, tempat sirih, sebuah parang dan benang yang memiliki makna masing-masing.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas PPO, Josep Pandie, S.Pd, Kepala Kesbangpol, Johanis Feoh, Ptl. Kadis Kelautan dan Perikanan, Salmun Haning, SE, Plt. Kabag Humas dan Protokol, Ronald Messak, SE dan Kasat Pol PP, Jhoni Saudale, S.Pd. ( Humas Pemkab Rote Ndao ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017