Bursa Inovasi Desa Kabupaten Rote Ndao tahun 2017, yang digelar, Jumat (15/12/2017) di Auditorium Ti’i Langga di Ba’a, merupakan Bursa Inovasi Desa yang pertama digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2017. Bursa Inovasi Desa tersebut sangat penting bagi masyarakat desa atau pemerintahan desa, untuk memacu lahirnya inovasi-inovasi atau kreatifitas yang terbaik di desa.

Demikian disampaikan ketua  panitia kegiatan Bursa Inovasi Desa  tahun 2017 tingkat kabupaten Rote Ndao Handryans Bessie, S.IP, Jumat (15/12).

“kegiatan inovasi yang ditampilkan pada bursa inovasi desa kabupaten Rote Ndao meliputi kegiatan bidang sumber daya manusia, kewirausahaan dan infrastruktur desa,” Jelas Handryans. Ia berharap agar perlu adanya keterlibatan secara sadar dari pelaku pembangunan di desa untuk menggerakan ekonomi rakyat dengan memanfaatkan potensi dan asset desa yang ada.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Jermia A J Messakh, Jumat (15/12) mengatakan bursa inovasi desa ini merupakan wadah pertukaran pengetahuan dan ide-ide baru dari setiap desa dikemukakan dan dikembangkan sehingga memiliki nilai bagi percepatan pembangunan sumber daya manusia di desa.

“program inovasi desa melalui bursa inovasi desa ini dirancang untuk memunculkan adanya inovasi dalam praktek pembangunan dan solusi inovatif dalam memanfaatkan dana desa secara tepat dan efektif,” Jelas Jermia.

Sementara itu Bupati Rote Ndao Drs. Leonard Haning, MM., dalam sambutannya mengatakan bursa inovasi desa ini dapat dilakukan dengan membangun komitmen bersama terhadap inovasi-inovasi yang ditampilkan untuk selanjutnya dapat mengadopsi atau mereplikasi inovasi tersebut sesuai dengan kebutuhan desa masing-masing.

“dalam melakukan inovasi di desa, perlu komitmen bersama para pemangku kepentingan desa, agar bermanfaat bagi masyarakat mencapai sebuah tujuan yang mewujudkan desa-desa di kabupaten Rote Ndao yang mandiri dan sejahtera,” Jelasnya.

Leonard Haning berharap agar setiap desa-desa di kabupaten Rote Ndao tidak pernah berhenti berinovasi dalam membangun desa.

“ayo terus berinovasi,” Ajak Bupati. (*/r01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017