laut mati roteSelain Pantai Nemberala yang mendunia, ada pula obyek wisata Laut Mati di Desa Sotimori Kecamatan Landu Leko yang bisa menguras waktu dan energi Anda untuk menikmati gumpalan-gumpalan putih air laut membeku indah ajaib yang memiliki daya tarik dan sangat menyenangkan apabila menggunakan jet ski mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di dalamnya.

Rasa dari air danau itu kalau dicoba maka memang benar airnya sangat asin tetapi ikan yang hidup didalamnya adalah ikan mujair (ikan air tawar), dan danau itu di lingkari oleh bukit yang menjorok masuk ke pantainya yang berpasir putih halus, hutan mangrove dan karang terjal di beberapa pesisirnya menambah sempurnya tempat ini.

Di sebelah baratnya ada bukit kecil yang cukup tinggi untuk melihat keseluruhan isi danau ini, di sinilah kita bisa menikmati sunrise dari balik atol yang menyerupai pulau kecil di tengah lautan luas, disini biasnya yang menyerupai beribu pelangi dari dalam danau ini. Di latar belakangi oleh buih-buih putih di tepian pasir pantai, celah-celah dan puncak karang, juga di atas semak perdu di sekeliling danau benar benar sangat memukau, seakan bisa menikmati kehidupan dua musim sekaligus disini, musim salju dan musim kemarau. Buih-buih ini hanya terjadi pada malam hingga pagi sampai jam 08.00 wita, selebihnya sirna karena angin kering siang hari yang kencang.

Dibanding dengan pantai dan fenomena alamnya yang menawarkan sejuta pesona bawah laut yang indah dan kompleks. Ekosistem biota bawah laut pada danau ini patut untuk diteliti, sebab sangat memenuhi unsur dan ekosistem yang dimiliki oleh laut yaitu mangrove dan lamun adalah penyeimbang iklim dan penyerapan karbon yang habitatnya di tepi pantai bukan ditengah hutan.  

Danau dengan panjang hampir 4 km dan lebar hampir 3 km membuat danau ini sangat unik dan berbeda dari danau-danau lain yang berada di pulau Rote. Airnya mengikuti siklus air laut, saat pasang danau inipun penuh dan saat air laut surut didanau inipun surut.

Jarak tempuh ke Laut Mati  kurang lebih 65 km dari Kota Ba’a dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017