Holoama,– Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kabupaten Rote Ndao bersama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rote Ndao menggelar pelatihan pembuatan aneka kerajinan bunga dan asesoris dari bahan plastik di aula kantor desa Holoama, kecamatan Lobalain, jumat ( 25/8/17 )

Pelatihan tersebut sebagai bentuk dukungan Dekranasda yang adalah mitra pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan produktif. Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM mengatakan hal tersebut dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Melyanus Mandala.

Mandala mengatakan pelatihan pembuatan aneka kerajinan bunga dan asesoris dari bahan plastic merupakan salah satu bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di sekitar kita.

Dia berharap setelah memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dapat meingkatkan ekonomi keluarga dengan prinsip kemandirian, mampu berdaya saing untuk memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan kesempatan berusaha dalam lingkup sentra indsutri.

“ Jangan hanya menjadi tenaga kerja sepanjang waktu tapi bisa menciptakan lapangan kerja,” pinta Mandala.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan, Adrianus Lenggoe, SH dalam laporannya mengatakan maksud digelarnya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan bagi pelaku industry dan menungkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Dijelaskannya, materi yang akan diterima oleh peserta adalah teknik merangkai bunga dan proses pembuatan aneka kerajinan bunga dan asesoris dari bahan plastic.

“Kegiatan ini kita rencanakan berlangsung selama enam hari, kita berharap peserta serius mengikuti apa yang disampaikan sehingga sekembalinya ke rumah tangga masing-masing mampu menerapkannya serta menjadi instruktur bagi rumah tangga lainnya,” tambah Lenggoe.

Ketua Dekranasda kabupaten Rote Ndao, Ny. Paulina Haning-Bullu, SE pada kesempatan ini meminta agar kegiatan yang positif ini tidak dipolitisir karena apa yang dibuat telah terprogram dan tidak ada muatan politik.

Turut hadir Kadis Koperindag, Eduard Ndolu, SH, Camat Lobalain, Yanes M.K. Therik, SH, Kasubag RT, Humas dan Protokol Arison Tomasui, SH dan undangan lainnya ( Umum, Humas dan Protokol Setda Kabupaten Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017