Setda:__Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao mendukung program nasional yakni percepatan UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) tahun 2017. Dengan adanya upaya ini, pemerintah dapat memastikan bahwa hewan berupa sapi/kerbau milik masyarakat dapat dipastikan dapat dikawinkan, baik itu melalui teknik inseminasi buatan maupun kawin alam.

Drs,Jonas M.Selly.MM, Sekretaris Daerah kabupaten Rote Ndao ketika ditemui di ruang kerjanya, senin (22/05) siang mengatakan bahwa untuk mendukung program tersebut, pemerintah sudah mengeluarkan surat
kepada pemerintah kecamatan untuk dapat menginformasikan kepada para kepala desa/lurah di wilayahnya masing-masing agar dapat mempersiapkan masyarakat peternak sapi/kerbau untuk mengikuti program pemerintah ini dengan mempersiapkan ternak betina yang berumur dua sampai dengan delapan tahun untuk diperiksa oleh petugas teknis dari kecamatan untuk selanjutnya di data ternak bunting kawin  alami dan dilakukannya inseminasi buatan bagi ternak sapi betina yang  belum bunting.

” pemerintah sudah bersurat ke pemerintah kecamatan untuk menghimbau kepada masyarakat pemilik hewan sapi/kerbau agar menyiapkan kandang jepit sebagai salah satu penunjang pemeriksaan kesehatan maupun proses pelaksanaan perkawinan suntik inseminasi buatan dan ternak bunting kawin alami” kata Selly.
Terpisah, Erens Sinlaeloe, Kepala OPD Dinas Peternakan kabupaten Rote Ndao dalam kesempatan ini mengatakan bahwa program UPSUS SIWAB merupakan program Pemerintah Pusat lewat kenentrian dan ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten namun tetap dikoordinir sendiri oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sehingga daerah hanya sebatas menjalankan programnya berupa obat, vaksin dan bibit yang dibekukan dan hasil dari pekerjaan kami di lapangan akan dilaporkan kembali ke pihak provinsi NTT.

“tenaga resort dan jadwal vaksinasi semua desa ada sehingga jika ada yang tertinggal langsung melaporkan kepada dinas atau petugas resort di kecamatan atau lewat contak person bisa langsung ke dinas dan mendapat pelayanan dari kita” kata Sinlaeloe.(Tim Publikasi Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017