Setda,– Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Sosialisasi  dan Advokasi  Pemberian Obat Pencegahan Massal ( POPM ) Kecacingan di Kabupaten Rote Ndao.

Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Melyanus Mandala mengatakan saat ini penyakit cacingan merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat di Provinsi NTT termasuk Rote Ndao.

Penyakit ini kata Bupati Haning, disebabkan oleh infeksi cacing tanah dalam tubuh manusia yang ditularkan melalui tanah. Penyakit ini dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas serta berdampak pada menurunnya kualitas SDM dan menimbulkan kerugian ekonomi.

“ dalam upaya menurunkan angka kecacingan agar tidak menjadi masalah kesehatan di masyarakat, maka kita harus meningkatkan cakupan program pengendalian cacingan pada anak balita, anak usi pra- sekolah dan anak usia sekolah dasar,”kata Bupati melalui Asisten II, Melyanus Mandala saat membuka kegiatan Sosialisasi POPM Kecacingan di auditorium, selasa ( 27/3/18 ).

Bupati mengharapkan melalui kegiatan ini seluruh peserta lintas sector, lintas program dan kemitraan terkait untuk berkomitmen dan berkoordinasi dengan baik untuk merumuskan kegiatan penanggulangan cacingan yang terintegrasi dengan baik

“ Harus ada kesepakatan bersama usai kegiatan ini untuk bersama-sama mendukung upaya sosialisasi dan advokasi kecacingan khususnya di kabupaten Rote Ndao sehingga pada akhirnya angka kecacingan dapat menurun dan masalah kesehatan masyarakat dapat teratasi,” pinta Bupati Haning.

Ketua panitia penyelenggaran, Defris Lau dalam laporannya menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan cakupan program pengendalian cacingan pada anak dan menurunkan prevalensi cacingan anak usia pra sekolah dan anak usia sekolah dasar dibawah 10 % secara bertahap serta meningkatkan capaian cakupan Pemberian Obat Pencegahan Massal ( POPM ) cacingan minimal sebesar 75%.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 187 orang terdiri dari 2 orang dari Provinsi, 3 orang dan OPD terkait, 3 orang dari organisasi profesi, 148 orang Kepala SD/MI se-kabupaten Rote Ndao, 10 orang Kepala Cabang Dinas, 10 orang Kepala Puskesmas dan 9 orang lintas program Dinas Kesehatan Rote Ndao.

“ Kegiatan ini dibiayai oleh APBN Satker 05 Dinas Kesehatan Provinsi NTT Tahun 2018 menghadirkan pemateri, Yodanil Sili dari Dinkes Provinsi NTT dan 2 orang pemateri dari Dinkes Kabupaten Rote Ndao, kegiatan sosialisasi ini hanya 1 berlangsung hari,” tutup Lau. ( Umum, Humas dan Protokol Setda Kab. Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017