Rote,- Asisten Perekonomian dan Kesra Setda Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala,  membuka kegiatan Pembinaan dan Penataan bagi Pedagang Kaki Lima  (PKL) di Aula Hotel Videsi, Rabu, (23/05/2018)

Tujuan kegiatan untuk memberdayakan pedagang kaki lima dan asongan supaya mereka bisa maju dan berkembang, karena seperti yang kita tau segala usaha mempunyai keterbatasan SDM, permodalan, managemen pengelolaan usaha, kita memberdayakan mereka dengan pelatihan seperti ini, sehingga kedepan setidaknya usaha pedagang kaki lima atau asongan bisa berkembang menjadi usaha formal ” ujar Melyanus Madala.

Dengan dilakukannya pembinaan, diharapkan karena melibatkan Lembaga – Lembaga  Keuangan dalam akses permodalan sehingga ada akses pinjaman  yang lunak, ada juga yang disiapkan untuk usaha,  tapi biasanya yang disiapkan oleh pihak pemerintah nilainya kecil, tetapi kalau melibatkan lembaga keuangan ini seperti adanya KUR, maupun usaha kredit  micro bisa tersalur dari pihan bank ke pedangang setelah dibina dengan baik sektor informal ini bisa jadi sektor formal yang menjadi andalan tumpuan ekonomi kita dalam hal usaha” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kelangkaan BBM yang terjadi di Rote Ndao untuk jangka pendek  yang sudah dilakukan sidak semalam oleh  Polres Rote Ndao melalui Wakaporles, silahkan melakukan sidak dibeberapa titik, ini adalah permainan dimana terkadang kita memanfaatkan cuaca yang memang tidak bersahabat akhir -akhir ini,  kalau ketemu ada pedagang yang menjual  BBM dengan harga yang tidak sesuai maka akan dicabut surat ijin nya, menghadapi masalah ini dalam jangka panjang kami akan melakukan rapat terpadu baik mengenai BBM dan sembako yang akan di adakan tanggal 28 Mei nanti  dan memastikan sembako dan BBM cukup selagi kapal masih ada seperti ini.

Acara ini di dihadiri oleh para pedagang kaki lima dan asongan dengan pembicara dari lembaga -lembaga keuangan seperti Bank BRI bertempat di Aula Hotel Videsi jam 09.00 Wita sampai selesai. (dina/diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017