Ba’a, – Panitia Kusus (Pansus) DPRD Kabupaten Rote Ndao yang ditugaskan untuk mengevaluasi dan membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2016 saat ini sedang mengumpulkan berbagai data Monitoring dan Evaluasi (Monef) dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.
Hal itu disampaikan Ketua panitia Kusus LKPJ Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2016, Urbanus Sinlae, SH saat dikonfirmasi media ini di Kantor DPRD Rote Ndao, Sabtu pecan lalu.
Dikatakannya, Data-data Monef tersebut sangat diperlukan agar dalam pembahasan bersama anggota pansus, bisa dilakukan sinkronisasi antara LKPJ dengan fakta yang ada dilapangan.
Selain itu, menurut Urbanus, jika memungkinkan pihaknya akan melakukan monitoring langsung ke lapangan, sehingga bisa mengetahui secara pasti apa yang ada dalam LKPJ dan juga data Monef dan kenyataan yang terjadi di lapangan.
Masih menurut, Urbanus pihaknya diberikan Tugas oleh Lembaga DPRD sampai dengan Tanggal 12 Mei mendatang untuk melihat kembali hasil penyelenggaraan Pembangunan di Rote Ndao selama Tahun 2016 lalu.
“kami bertugas untuk melihat sejauhmana penerapan Anggaran yang dilakukan selama Tahun 2016 lalu, jika penerapannya belum mencapai target yang ditentukan maka kita tentunya akan berikan catatan-catatan, tetapi kalau sesuai target maka kita akan memberikan apresiasi kepada pemerintah, Kata Urbanus.
Dalam masa pembahasan tersebut juga, Kata Urbanus, Pihaknya akan melihat hal-hal urgen yang perlu dilakukan klarifikasi oleh Pemerintah sebagai Mitra Keja DPRD aka pihaknya akan memanggil Instansi Teknis untuk melakukan Klarifikasi, agar menghasilkan sebuah pemahaman yang sama tentang persoalan-persoalan yang ada.
Ketika ditanya soal apakah ada temuan –temuan selama proses pembahasan LKPJ tersebut, Urbanus mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah terdapat penyimpangan atau tidak, mengingat saat ini pihaknya masing melakukan kajian terhadap data-data yang diminta ke masing-masing OPD.
Rencananya kinerja Pansus ini baru akan disampaikan kepada Sidang paripurna Pada Tanggal 12 Mei mendatang. (Berita NTT.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017