Seni budaya merupakan satu potensi yang perlu dilestarikan dan dikembangkan karena mengandung nilai-nilai budaya yang hidup sehingga perlu dijaga, dilestarikan dan dikembangkan serta mempromosikan seni budaya daerah sebagai aset budaya bangsa Indonesia, demikian dikatakan ketua panitia festival yang sekaligus kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Rote Ndao, Melkias R. Rumlaklak, Senin (22/5/2017) di panggung kesenian Ba’a

Pagelaran seni budaya ini dilaksanakan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan menghargai seni budaya yang diwariskan oleh leluhur kita secara turun temurun yang hampir punah, sehigga melalui kelompok sanggar seni baik ditingkat desa maupun sekolah dapat melestarikannya.

“festival seni budaya ini dapat meningkatkan kualitas seni budaya daerah agar mampu bersaing diberbagai event, baik ditingkat provinsi maupun nasional sebagai obyek unggulan Rote Ndao. kata Melkias

Lanjut Melkias, peserta festival seni budaya ini berasal dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Rote Ndao, setiap kontingen dari tiap kecamatan berjumlah kurang lebih 70 peserta terdiri dari kategori SD, SMP dan SMA.

Melkias menambahkan, pada kegiatan festival seni budaya daerah tahun ini dengan materi yang ditampilkan bersifat lomba untuk merangsang pemikiran-pemikiran serta gagasan baru dan kreatifitas para seniman yang ditampilkan oleh setiap peserta lomba.

Peserta lomba ini akan memperebutkan penampil terbaik I, II, III dan IV untuk masing-masing kategori peserta. Penampil terbaik akan akan diberikan hadiah berupa piala tetap dan dana pembinaan sanggar.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala mewakili Bupati Rote Ndao saat membuka kegiatan festival seni budaya ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai media untuk memperkenalkan potensi seni budaya daerah kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Rote Ndao serta sebagai ajang hiburan untuk mempromosikan seni budaya daerah.

Lanjut Mandala, pariwisata merupakan industri terbesar didunia dan andalan utama keberhasilan penghasilan defisa diberbagai negara. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah terkenal pariwisatanya seperti Bali, Jogya dan lainnya mempunyai sumber penghasilan yang besar dari sektor pariwisata, sehingga dengan demikian kondisi seperti ini terus dikembangkan dan menjadi andalan perekonomian di Rote Ndao, karena salah satu faktor yang dapat menarik kunjungan wisatawan, selain kondisi alam, juga adalah seni budaya daerah.

“untuk memajukan pariwisata di kabupaten Rote Ndao, maka seni budaya daerah patut mendapat perhatian dan perlu dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas budaya di daerah ini” kata Mandala

Seni budaya daerah yang kita miliki akan semakin dikenal dan jika sudah dikenal maka akan memiliki rasa cinta untuk memiliki daerah atau budayanya sendiri, sehingga dengan sendirinya wisatawan yang hadir didaerah ini akan semakin lama tinggal didaerah ini  dan semakin banyak membelanjakan uangnya untuk kegiatan pariwisata.

Akhirnya Mandala mewakili Bapak Bupati memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara agar kedepan terus diselenggarakan dan dikembangkan. Kepada peserta, Bupati mengucapkan banyak terima kasih karena dipundak saudara-saudarilah budaya dan tradisi kita dapat dilestarikan dari waktu ke-waktu.(diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017