Setda,– Sebelum pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan  tingkat Kabupaten Rote Ndao ( Musrenbangkab ) Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan mendahuluinya dengan menyelenggarakan Pra Musrenbang yang dilangsungkan di auditorium Tii Langga Permai, komplek Perkantoran Bumi Tii Langga Permai, kamis ( 21/3/18 ).

Kegiatan dibuka dengan arahan oleh Asisten Peekonomian dan Pembangunan Setda Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala yang dilanjutkan dengan pembagian kelompok diskusi per bidang oleh Kepala Bapelitbang, Drs. Frengki Haning  yakni kelompok pertama, bidang pemerintahan, sosial dan budaya, kelompok kedua, bidang ekonomi dan kelompok ketiga bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah dan diskusi kelompok.

Untuk kelompok bidang Pemerintahan dan sosbud meliputi, Dinas PKO, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Sosial, BPBD, Dinas P3P2KB, Dinas Dukcapil, Bagian Umum, Humas dan Protokol, Bagian Adm. Pemerintahan Umum dan Kesra, Bagian Orta, Bagian Perpustakaan, Sekretariat DPRD, Sekretariat Korpri, Kecamatan, Inspektorat Daerah dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan

Kelompok bidang ekonomi meliputi: Dinas Transmigrasi dan Naker, Dinas Pangan, DPMD, Dinas Kopeasi UKM dan Perindag, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Bagian Ekonomi, Pembangunan dan SDA, Badan Keuangan dan Aset dan Badan Pendapatan Daerah.

Sedangkan untuk kelompok bidang Infrasruktur meliputi: Dinas PUPR, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian.

Dalam diskusi kelompok akan membahas draft prioritas pembangunan/kegiatan tahun 2019. Draft ini merupakan kompilasi dari kegiatan yang berasal dari musrenbang kecamatan dan Rencana Kerja Daerah yang telah dilakukan sinkronisasi pada Forum Perangkat Daerah.

Selanjutnya pada besok, jumat ( 22/3/18 ) akan dilanjtkan dengan Musrenbang yang akan diisi dengan penyampaian hasil pra Musrenbangkab tahun 2018 untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2019, Penyempaian materi Perencanaan Pembangunan oleh Bupati Rote Ndao, Diskusi Umum dan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Musrenbang Kabupaten Rote Ndao tahun 2018.

Hasil yang ingin dicapai :

  1. Notelensi Musrenbangkab tahun 2018 sebagai bahan untuk memperbaiki draft rancangan RKPD tahun 2019
  2. Kesepakan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk pemutakhiran rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD dan rancangan Renja OPD yang meliputi:

–          Daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan serta alokasi anggaran indikatif yang berdasarkan program/kegiatan dan funsi OPD

–          Daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

  1. Sinergitas Rencana/usulan hasil Musrenbang kecamatan dan Forum PD sebagai bahan usulan dalam Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional.
  2. Berita acara Musrenbang Kabupaten Rote Ndao tahun 2018 ( Umum, Humas dan Protokol Setda Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017