Kehadiran kami disini karena tempat ini merupakan tempat lahir dan meninggalnya nenek saya yaitu Dama Mbei yang pusarannya berada disini. Hal ini diungkapkan Bupati Paulina Haning-Bulu, saat mengikuti syukuran dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao bersama masyarakat Desa Oeseli di dusun Letekona, Desa Oeseli, kecamatan Rote Barat Daya, Rabu (27/2/19).

Bupati juga pada kesempatan itu mengungkapkan silsila keluarganya yaitu terlahir dari seorang kakek bernama Mbatu Kotta yang melahirkan empat orang yaitu yang pertama, Kotta Mbatu seorang anak laki-laki, Kone Mbatu seorang anak perempuan, Dama Mbei seorang anak perempuan yang merupakan nenek ibu Paulina yang kawin dengan orang Ndao yang bernama Mbatu Kua yang nama permandiannya Ferdinan Kua Raja yang darinya lahir seorang perempuan bernama Dortia Pua Raja atau biasa dipanggil Kada Mbatu yang merupakan ibu Kandung dari ibu Paulina Haning-Bullu. Dan anak keempat adalah Mesa Mbei Mbatu seorang anak perempuan yang kawin dengan Lai Hani atau Anselmu Hani Uma No yang salah satu keturunannya adalah Edi Haning yang adalah Kadis Nakertrans, dan selanjutnya Mbatu Kota bersaudara dengan Lende Kota yang melahirkan Ferdinan Kota yang sekarang adalah tokoh masyarakat Kec. Rote Barat Daya, dan Mane Kota melahirkan Yermias Kotta yang sekarang sebagai Kadis Perikanan, Nelkial Kotta dan cucu-cucunya dari keturunan Kota Mbatu.

“inilah silsila keturunan kami, karena mama saya bawah kami ke tempat ini dan katakan disinilah nenekmu lahir dan dari sinilah nenek moyangnya berada” kata Ny. Paulina

Lanjut Bupati, Karena dari Kada Mbatu lahirlah lima orang yang diantaranya tiga perempuan dan dua laki-laki yang salah satu perempuan bernama Paulina Bullu yang Tuhan pakai menjadi sulung di Rote Ndao hari ini untuk membangun Rote Ndao mencapai kesejahteraan.

“ini adalah sebuah amanah dari Tuhan, amanah yang begitu mulia yang harus kita jaga dan pelihara” ujar Bupati Paulina

Selain itu Bupati Paulina Haning-Bullu, mengatakan pada tahun 2019 sejumlah kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Oeseli pada Tahun Anggaran 2019 ini yakni akan bangun jalan dari Kotalain menuju Hurulai dan dari Hurulai menuju Rosidanon sepanjang dua kilometer dan juga ada bantuan bangunan rumah bagi keluarga yang kurang mampu yakni program ALADIN (Atap, Lantai dan Dinging) yang telah didata Kepala Desa.

“kita akan survey ulang kelayakkannya agar program ini tepat sasaran,” tegas Paulina

Selain itu Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Rote Ndao khususnya masyarakat desa Oeseli yang sejak tahap awal suksesi hingga dirinya Paulina Haning-Bullu bersama Stefanus Saek terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao periode 2019-2024.

Sementara itu, Ferdinan Kotta yang merupakan salah satu tokoh masyarakat kecamatan Rote Barat Daya dan juga kerabat dari ibu Paulina Haning-Bulu, meminta pemerintah untuk membantu memperbaiki jalan lingkar desa Oeseli sehingga dapat memperlancar arus transportasi dalam memasarkan hasil pertanian. dan juga sumber mata air Oedale dan Leteki dapat diperbaiki.(dkisp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017