jembatan ufalen putus2Curah hujan di Kabupaten Rote Ndao selama beberapa hari belakangan ini cukup banyak mengakibatkan jembatan Ufalen Dusun Sosadale Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao mengalami kerusakan cukup parah yang mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total. Jembatan Ufalen ini terletak dijalur utama dari Baa menuju Kecamatan Pantai Baru, Rote Timur dan Landu Leko serta sebaliknya.

Menurut Camat Rote Tengah, Marthen Bolla,SH yang mengatakan bahwa curah hujan di Kabupaten Rote Ndao terutama di Kecamatan Rote Tengah sudah terjadi sejak 3 hari lalu dan hujan derasnya mulai terjadi sejak Minggu sampai dengan Senin, 23 Januari 2017, sehingga terjadi banjir cukup deras yang mengakibatkan jembatan Ufalen putus sekitar jam 04.00 Wita.

Lanjut Marthen,selain putusnya jembatan Ufalen, air juga menggenangi SD Inpres Nggodimeda dan pagar tembok sekolah sepanjang 35 meter ratah dengan tanah, enam rumah warga di dusun Oenitas terendam banjir dan perabotan rumah tangga dibawah banjir, lahan pertanian tanaman padi dan cabai seluas kurang lebih 50 Ha dibawah banjir. Selain itu juga ada satu jembatan yang terletak di dusun Nggodimeda berpotensi mengalami kerusakan kalau curah hujannya terus terjadi.

“untuk sementara jembatan yang putus ini menggunakan jalan darurat yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini BPBD Kabupaten Rote Ndao yang dibantu oleh aparat TNI/POLRI serta masyarakat setempat menggunakan balok dan papan sehingga hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki” kata Marthen Bolla

Pantauan kami di lokaksi kejadian, Senin (23/01/2017) siang terlihat air banjir masih menggenangi lokasi-lokasi tersebut walaupun debit airnya sudah berkurang diakibatkan curah hujan sudah berkurang sejak pagi tadi.(diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017