Lomba Pangan Lokal 10 2016Ba’a,–Kelompok Wanita Tani se Kabupaten Rote Ndao tampil mengkreasiakan aneka menu siap santap yang menggugah selera pada Lomba Masak Pangan Lokal bertempat di Auditorium Ti’i Langga Sabtu(22/10) siang.

Kegiatan ini digelar oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab.Rote Ndao bekerjasama dengan PKK Kabupaten Rote Ndao.
Hadir dalam lomba tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Rote Ndao, Untung Harjito, Wakil Ketua PKK Rote Ndao, Adriana E.Lun – Doh, serta puluhan ibu – ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani dari setiap kecamatan.

Ketua panitia, Dany Tungga dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan lomba masak pangan lokal yakni menggugah kesadaran, meningkatkan motivasi dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan, mensosialisasikan aneka jenis pangan lokal yang ada di Kabuapaten Rote Ndao dalam bentuk segar maupun olahan.

“Kegiatan ini juga jadi ajang untuk tukar menukar informasi dan perkembangan teknologi pengembangan dan pengolahan pangan lokal antar peserta” ujar Dany Tungga.
Terkait peserta, ia menyampaikan peserta lomba adalah kelompok wanita tani yang berasal dari Kecamatan se-Kab.Rote Ndao.Kelompok yang hadir sebanyak 8 kelompok dari 8 Kecamatan sementara 2 kelompok berhalangan hadir.

Ia juga mengatakan, aspek yang dinilai dalam lomba ini yakni dari 6 kriteria berupa kreatifitas, penyajian, cita rasa, higenis dan aman dikonsumsi, nilai gizi, serta ketrampilan memasak.
sementara itu Wakil Bupati, Jonas C.Lun dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Untung Harjito menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba pada hari ini janganlah hanya mengejar yang terbaik untuk memperoleh hadiah, tetapi lebih dari itu, ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat dalam mengkonsumsi aneka makanan yang sehat, beragam, bergizi, berimbang,dan aman.

Ia juga berharap, lomba ini bisa mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis bahan pangan lokal.
Untuk dikethui yang keluar sebagai juara I dalam perlombaan tersebut yakni Kelompok Wanita Tani dari Kecamatan Lobalain (brtntt/Hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017