Rote,– Dalam rangka meningkatkan minat baca  masyarakat, Badan Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah Rote Ndao menyelenggarakan kegiatan pengembangan minat dan budaya baca dengan melakukan lomba bercerita bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan lomba berpidato bagi siswa SMA/MA dan SMK, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Rote Ndao yang bertempat di halaman depan kantor Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Sekretariat Daerah Kabupaten Rote Ndao, Selasa (22/05/2018).

Lomba ini diadakan untuk mengembangkan minat dan budaya baca dengan materi lomba bercerita diikuti oleh SD/MI  sebanyak 10 siswa dari 10 kecamatan dan untuk lomba pidato diwakili  oleh siswa SMA/MA dan SMK  yang diikuti oleh 8 orang dari 8 kecamatan, sementara itu, materi lomba bercerita peserta memilih salah satu judul cerita rakyat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Panitia Pelaksana, Morids Bulan,S.Pd,M.Si dalam laporannya mengatakan, lomba yang dilaksanakan agar dapat mencapai hasil yang optimal dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca, karena membaca adalah jendela dunia.

Menurutnya, Undang-Undang (UU) Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mengisyaratkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu, keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

“Instruksi UU agar mewujudkan anak yang mempunyai kegamaran membaca, dapat ditumbuhkan dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan,” katanya.

Sementara itu Bupati Rote Ndao dalam sambutannya yang di wakili oleh Sekretaris Daerah, Drs.Jonas M Selly, MM mengatakan
tujuan supaya minat baca dapat ditumbuh kembangkan, maka dengan lomba seperti ini dengan adanya kemajuan teknologi kita sebagai warga net di harapkan bukan hanya minat baca itu tumbuh  disini saja tapi  kepada guru-guru pendamping harus bisa di terapkan di  sekolah masing- masing.

“masalah yang sekarang di hadapi adalah handphone, oleh karena itu pengendalian menggunakan hp secara tegas oleh guru disekolah dan dilanjutkan dirumah oleh orang tua, supaya kita bersama-sama menciptakan generasi emas di kota ini”.ujar nya.

Sementara itu dalam perlombaan ini  akan mencari juara 1,2,3 yang akan mendapat hadiah uang dan piagam penghargaan dan untuk juara 1 akan mengikuti Lomba Bercerita di Kupang.
Yang keluar sebagai juara satu lomba Bercerita adalah Meizian S. Tjong, siswi dari SD Inpres 2 Baa dengan judul ceritanya “Lakamola”, sedangkan juara satu lomba Berpidato adalah Seprina Rellam, siswi dari SMA Negeri 1 Lobalain dengan judul pidatonya Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan dan Inovasi Generasi Muda Nusa Tenggara Timur”.

Juri pada lomba ini adalah Guru Sastra dan Bahasa Indonesia dari Sekolah SMP di Rote Ndao .(dina/diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017