Ada 2 Batu Termanu yakni Batu Hun dan Batu Suelai, merupakan Obyek Wisata Alam yang sangat memukau ketika perkunjungan wisatawan yang datang ke Kabupaten Rote Ndao. Terletak di Kec. Rote Tengah dengan jarak tempuh 15 menit dari ibukota Baa dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Saat kapal motor keluar dari Pelabuhan Bolok Kupang yang melewati selat Pukuafu dan pertama dilihat adalah Batu Termanu yang menjulang tinggi yaitu Batu Hun. Di sekitar perairan, Batu Hun dijadikan Obyek Wisata menyelam dan memancing dan terdapat terumbu karang mutiara dan ikan kerapu yang cukup banyak.

Batu Termanu Sualai adalah batu rejeki bagi penduduk Rote Ndao. Batu Termanu Sualai merupakan tempat pemujaan orang Rote Tengah, di mana lokasi pemujaan terletak di puncak. Batu ini menurut cerita rakyat; dahulunya sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote dan ketika tiba di Rote Tengah, batu ini berhenti karena ritual/upacara adat untuk menyambut kedatangannya sangat disenangi oleh penunggu obyek wisata ini. Berjarak + 15 km dari kota Ba’a dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor + 15 menit.

Kedua batu ini satu jenis pria yang berada di pinggir pantai Lely dan satu jenis wanita terletak di sebelah kanan agak ke dalam laut. Mulanya Batu Termanu ini dari Vietnam pindah ke Maluku, suatu ketika pindah ke Rote Barat Laut (Oelaba) lalu berpindah lagi ke Termanu (Rote Tengah). Karena keadaan seperti itu maka orang Rote menganggap sebagai Batu Kramat dimana para tua-tua adat sering berdoa di kaki batu untuk memohon turunnya hujan.

Aktivitas: untuk menjelajah lokasi ini anda dapat menghubungi penjaga situs (jupel), Sdr. Noldy Fanggidae.

Akomodasi (penginapan di sekitar Obyek Wisata): Untuk penginapan anda dapat menginap di Hotel Tiberias yang jarak dengan situs ini + 300 m. Hotel ini adalah salah satu hotel terbaik dengan harga kamar berkisar antara Rp .250.000. s/d Rp.500.000/malam Anda dapat menghubungi pemilik atas nama Baba Tje Kuliner (tempat memperoleh makanan di sekitar Obyek Wisata): Tersedia jagung bakar, buah-buahan dipenggir jalan Negara jurusan Pantai Baru.

Transportasi: Untuk menjangkau lokasi dari kota Ba’a anda dapat menggunakan jasa Trevel atau angkutan kota atau sewa ojek dengan biaya sekitar Rp 25.000,-

[wisatantt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017