Rote Tengah,– Kunjungan kerja Jaksa Agung Muda Intelijen Republik Indonesia Dr. Adi Toegarisman didampingi Ketua Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Pusat ( TP4P), Aditya Warman, Sekretaris dan Tim TP4P, Kajati NTT, Sunarta bersama Direktur HCM PLN, Muhamad Ali, GM PLN NTT, Richard Safkaur dan rombongan membawa angin segar bagi pembangunan kelistrikan di Kabupaten Rote Ndao, pasalnya kedepan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Onatali akan dilanjutkan.

“Setelah kami verifikasi proyek ini akan kami jalankan kembali, agar kebutuhan listrik DI SINI tercukupi, kapan dijalankan kembali? Ya, setelah kami menerima legal opini dari BPKP dan TP4P. Untuk saat sekarang kita masih menggunakan tenaga diesel, nanti PLTUnya gunakan batubara. Akan lebih efisien,” kata direktur HCM PLN, Muhamad Ali di sela-sela peninjauan di lokasi pembangunan PLTU di Kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao, di kompleks selasa ( 21/3/17).

Dia mengatakan PLN sangat mensupport pembangunan di Rote Ndao dengan menyediakan cadangan listrik yang cukup. Hal ini lanjutnya akan memberikan ruang yang bagi investor untuk berinvestasi di Rote Ndao. “ Kita fokus untuk kelanjutan PLTU dengan kapasitas dua kali tiga MW dulu,baru kemudian ditambah dengan sepuluh MG dari PLTMG yang direncanakan akan dibangun di desa Nggodimeda juga di Kecamatan Rote Tengah. Ini bukti bahwa kami sangat mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Rote Ndao sebagai Kabupaten terselatan NKRI,” tambah Muhamad Ali.

Sementara itu, di tempat yang sama Jaksa Agung Muda Intelijen Republik Indonesia Dr. Adi Toegarisman mengatakan, proyek pembangunan PLTU Onatali adalah salah satu proyek yang bermasalah. Karena itu pihaknya ingin melihat secara langsung kondisi riil di lapangan dan mengumpulkan informasi yang penting kaitan dengan permasalahan PLTU dimaksud.

“ Informasi yang saya terima proyek ini fisiknya sudah mencapai 60 persen sedangkan anggaran yang digunakan baru 50 persen. Jadi kita cek masalahnya dimana, tidak selesai ok, tapi dari anggaran ternyata hasil fisiknya lebih besar dari uang yang keluar. Kita pun berharap program strategis ini dapat dilanjutkan,” kata Jamintel Adi Toegarisman.

Namun menurut Adi Toegarisman, kejelasan pembangunan PLTU Onatali secara formal masih menunggu hasil audit dari BPKP dan dari pihak Kejagung sebagai TP4P akan mengeluarkan suatu pendapat hukum sesuai dengan peranannya yang berlandaskan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Presiden bahwa pembangunan kelistrikan adalah proyek strategis nasional yang harus dikawal dan diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“ Semua ini kita lakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih cepat,” tandasnya.

Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haing, MM pada kesempatan ini mengatakan pada hakikatnya Pemerintah daerah mendukung penuh setiap program Pemerintah Pusat sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepada pemerintah Daerah.

“ Kita wajib mendukung sepanjang itu sesuai dengan kewenangan daerah,” ujar Bupati yang biasa disapa Lens Haning ini.

Dijelaskan, di Rote Ndao masih terdapat tujuh desa di kecamatan Landu Leko yang belum ada jaringan listrik, sedangkan di sembilan kecamatan lainnya sudah ada jaringan listrik namun tidak semua desa di sembilan kecamatan itu sudah memiliki jaringan listrik.

“ Jadi total keselurahan ada 31 desa yang belum memiliki jaringan listrik . Sekarang sudah ada program listrik masuk desa, dikolaborasikan supaya murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat di desa,” pinta Bupati Haning.

Terpantau, usai melakukan peninjauan ke PLTU Onatali, rombongan menuju ke Kantor Kejaksaan Negeri Rote Ndao untuk istarihat dan Sholat. Selanjutnya rombongan menuju rumah jabatan Bupati dan melakukan tatap muka dengan Bupati beserta jajaran Pemkab Rote Ndao. Usai tatap muka dilanjutkan dengan santap siang bersama. Rombongan akhirnya menuju ke desa Nemberala dan menginap di sana.

Rencana rombongan kembali esok (22/3/17 ) pagi menggunakan pesawat carteran Trans Nusa dari bandara D.C. Saudale ke Kupang dan selanjutnya menuju ke Jakarta. ( Umum, Humas dan Protokol Setda Kab. Rote Ndao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017