Setda,—Jaminan berupa perlindungan kesehatan oleh pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ( BPJS ) kesehatan akan diterima oleh  8.333 masyarakat kabupaten Rote Ndao  setelah ditandatanganinya kesepakan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Rote Ndao dengan BPJS kesehatan cabang Kupang.

Penandatangan nota kesepakatan berlangsung di ruang kerja Bupati Rote Ndao senin ( 9/10 ) pagi.  Bupati Rote Ndao, Leonard Haning  bertindak atas nama pemerintah Kabupaten Rote Ndao dan atas nama Kepala BPJS Kesehatan cabang Kupang oleh Kepala BPJS kesehatan caban Kupang, Subkhan.

Bupati Rote Ndao, Leonard Haning mengatakan jika dibandingkan dengan daerah lain maka bisa dikatakan Rote Ndao hanya sedikit yang didaftarkan untuk mendapatkan jaminan perlindungan kesehatannya, namun sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dikategorikan viskal rendah maka harus ada keputusan bijak apa lagi pada waktu yang bersamaan harus bisa menyiapkan dana bagi penyelenggaraan pilkada

“Mungkin dibandingkan dengan kabupaten lain lebih besar dana untuk menjamin masyarakatnya  mendapatkan layanan kesehatan dan pertanyaannya  mengapa kita sedikit?, disinilah saya harus jelaskan bahwa  kemampuan daerah ini juga menentukan dalam mengambil sebuah keputusan bijak, dana kita sedikit, kita dikategorikan daerah dengan viskal rendah sedangkan pada saat yang sama dana juga harus disiapkan untuk pilkada. Inilah mengapa hanya sedikit yang dapat pemerintah danai untuk dilayani BPJS kesehatan,” ungkap Haning.

Diakuinya bahwa jaminan kesehatan bagi masyarakat sudah ada undang-undangnya yang mesti ditaati “ UU-nya sudah ada kita harus taat. Dalam kondisi keterbatasan keuangan daerah tentu kita mempertimbangkan sesuatu  secara baik agar semua dapat terlayani.  Saya yakin kita memiliki tujuan yang sama untuk melayani masyarakat di daerah ini menuju sejahtera,” kata Haning.

Kepala BPJS Kesehantan cabang Kupang, Subhkan, menjelaskan di kabupaten Rote Ndao terdapat   147.740 penduduk, sesuai  data  pihak BPJS kesehatan sudah 107.632 penduduk  atau 73  persennya telah  memiliki kartu JKN / KIS  “ ini diatas rata –rata nasional yang baru yaitu 64 persen,” ujar Subhkan.

Subhkan meminta bantuan pemerintah darah untuk mendistribusikan kartu dalam waktu satu atau dua minggu kedepan sudah bisa diterima oleh masyarakat penerima manfaat  sehingga masyarakat bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan. “ Kartu ini sangat  membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dimana saja di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkannya, Komitmen  BPJS kesehatan adalah memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta JKN /KIS. “ kami berharapa layanan kesehatan tidak hanya isu tapi sudah dapat dituntaskan, ini program strategis dari presiden sehingga kita semua wajib mendukung agar program ini sukses,” tambahnya.

Untuk diketahui pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Rote Ndao dengan PT Taspen ( Persero ) cabang Kupang tentang implementasi system informasi pengelolaan gaji aparatur sipil Negara dan latanan poaktif di kabupaten Rote Ndao oleh Bupati Rote Ndao, Leonard Haning dan Pimpinan kantor cabang PT Taspen ( Persero ) Andi Purwadi.

Turut hadir, Wakil Bupati Rote Ndao, Sekretaris Daerah, Jonas M Selly,  Kepala BPJS Kesehatan Rote Ndao, Yosep Daoskadarti, Kaban Keuangan dan Aset, Daniel Nalle serta kepala OPD lainnya ( Umum, Humas dan Protokol Setda Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017