Setda;- Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga kabupaten Rote Ndao bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk menggelar aneka lomba, diantaranya cipta menu makanan serba ikan dan lomba cipta menu masak kuliner kreatif, aneka kue dan jus dan pelatihan tenaga pengajar PAUD Holistic Integral dan pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) berbahan lokal tingkat kabupaten Rote Ndao. Kegiatan lomba cipta menu makanan serba ikan dan cipta menu masak kuliner kreatif,aneka kue dan jus digelar oleh pokja III TP PKK dan pelatihan tenaga pengajar PAUD HI dan pembuatan APE berbahan lokal digelar pokja II TP PKK kabupaten Rote  Ndao.

Bertempat di ruang Auditorium, Bupati melalui Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs.Meliyanus J.Mandala dalam kesempatan ini, jumat (02/06) siang, mengatakan bahwa kebijakan pemerintah tentang optimalisasi program PAUD HI yaitu layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelenggarakan program lebih dari satu bentuk layanan PAUD (TK,Kobers dan SPS), perlu dikembangkan guna memperluas akses, peningkatan mutu, terarah serta terpadu dalam melakukan aktivitas pelayanan dalam satu siztem kelembagaan satu atap menuju terwujudnya anak indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Oleh karena itu, penyelenggaraan pelatihan tenaga pengajar PAUD HI merupakan sarana strategis untuk penyamaan persepsi dan metode pendidikan secara holistic bagi lembaga PAUD dengan memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak yaitu aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kemandirian bahasa, kognitif, fisik motorik dan perkembangan seni yang digunakan para pendidik usia dini dalam mengembangkan seluruh potensinya sesuai standar bahan ajar dan kurikulum yang berlaku. Selain itu anak anak juga dilatih fungsi kognitif dan motorik halus dan kasar serta pengenalan dengan lingkungan sekitar.

Masih menurutnya, alat permainan edukatif ini merupakan alat yang bisa didapatkan dengan membeli tetapi jika para guru mau berkreasi dan dan berinovasi untuk menciptakan alat permainan edukatif dari barang -barang bekas maka tentu saja lebih ekonomis. Apalagi jika secara kreatif dilakukan bersama guru dan anak didik menggunakan bahan lokal yang ada dilingkungan sekitar maka merupakan suatu hal menyenangkan dan tentu merupakan suatu upaya membentuk karakter anak untuk bisa beriteraksi antar sesama teman dan juga dengan orang yang lebih tua serta membangun komunikasi intensif antara pendidik dan anak-anak.

Sementara itu, ketua panitia, Jerny M. Ndolu,S.Pt menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta pelatihan memahami tentang penyelenggaraan dan pengelolaan pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD dan mampu meningkatkan kemampuan diri dan kreatifitasnya sehingga  mampu memenuhi kebutuhan esensial anak didiknya serta agar peserta pelatihan memahami ide dan dan menemukan Alat Permainan Edukatif (APE) yang berbahan lokal.

Terpisah, wakil ketua TP PKK kabupaten Rote Ndao, Ny,Adriana
E.Lun-Doh mengapresiasi dukungan pemerintah sebagai mitra Tim penggerak  PKK yang turut menyukseskan program program cerdas TP PKK di daerah ini, terutama dua kegiatan lomba, diantaranya cipta menu makanan serba ikan dan lomba cipta menu masak kuliner kreatif,aneka kue dan jus oleh pokja III TP PKK dan pelatihan tenaga pengajar PAUD Holistic Integral dan pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) berbahan lokal tingkat kabupaten Rote Ndao oleh pokja II TP PKK kabupaten Rote Ndao.

“perbanyak lomba-lomba untuk menambah ketrampilan dan wawasan agar anggota TP PKK mampu menyajikan menu yang bergisi sehat dan seimbang sehingga mampu menciptakan keluarga yang sehat dan cerdas untuk keluarga yang sehat, kuat dan cerdas dan untuk lomba-lomba kreasi, sangat perlu juga karena berhubungan dengan banyak pelatihan sehingga sebenarnya di ikuti oleh semua kecamatan untuk berpartisipasi sesuai surat dari kami tetapi pada saat pelaksanaan kegiatan tidak semua hadir karena cuaca, sehingga diharapkan agar yang tidak hadir tetap dapat menyesuaikan diri dan yang hadir pada hari ini harus siap untuk berbagi kepada teman-teman”kata Adriana. (tim publikasi Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017