Badan Kepegawaian Negara (BKN) menganugerahkan BKN Award 2017 kepada Kabupaten Rote Ndao sebagai pengelolah kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota Tipe C.
Penghargaan BKN Award 2017 ini diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana yang diterima oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Rote Ndao, Hermanus Haning,S.Pt dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2017 di Jakarta, Rabu (10/5/2017)
Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Drs. Jonas M. Selly,MM saat dihubungi mengatakan bahwa Kabupaten Rote Ndao terpilih sebagai pengelolah kepegawaian terbaik se-Indonesia dan hanya diberikan kepada 15 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota se-Indonesian dan ini merupakan hal yang luar biasa yang membuktikan bahwa pengelolaan kepegawaian di Kabupaten Rote Ndao sudah berjalan dengan baik, mulai dari formasi dan manajemen kepegawaian sudah sesuai dengan yang diharapkan.
“artinya ketika ada formasi CPNS maka itu dikelolah dengan baik sampai menjadi PNS dan akhirnya pensiun dan meninggal, hak-haknya dapat diurus dengan baik dan tepat waktu” kata Jonas Selly
Jonas Selly juga mengungkapkan bahwa berdasarkan indikator itu maka Kabupaten Rote Ndao diberikan penghargaan sebagai pengelolah kepegawaian terbaik di Indonesia.
Lebih lanjut Selly berharap kedepan tentu lebih baik lagi dari sekarang atau paling tidak mempertahankan pengelolaan kepegawaian didaerah ini sehingga paling tidak tahun depan kalau ada penilaian lagi maka kita dapat mempertahankan hasil penilaian yang ada, dan juga kepada semua ASN didaerah ini boleh berbangga karena melalui BKD dapat melayani hak-hak kita dengan baik dalam hal pengelolaan kepegawaian.

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional tahun 2017 tersebut Badan Kepegawaian Negara memberikan apresiasi kepada sejumlah lembaga yang mampu mengelolah kepegawaian dengan baik dan berikut ini yang menjadi indikator penilaian yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Negara sebagai pengelola kepegawaian terbaik dilakukan berdasarkan 9 (Sembilan) variabel kriteria yaitu :
1. Perencanaan Formasi;
2. Pelayanan Pengadaan;
3. Pelayanan Kenaikan Pangkat;
4. Pelayanan Pensiun;
5. Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK);
6. Pemanfaatan CAT BKN;
7. Penilaian Kompetensi;
8. Implementasi Penilaian Kinerja; dan
9. Komitmen Pengawasan dan Pengendalian.
Terdapat 15 lembaga yang masuk dalam BKN Award 2017 tersebut yang dibagi menjadi kelompok kategori yaitu lima kementerian besar, lima kementerian kecil, dan lima non kementerian. Untuk diketahui bahwa kementerian besar adalah kementerian yang memiliki pegawai lebih dari 19.000, sedangkan kementerian kecil adalah kementerian yang memiliki pegawai kurang dari 19.000.
Lima kementerian besar pemenang BKN Award 2017 adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertanian.
Lima kementerian kecil pemenang BKN Award 2017 adalah Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Lima penerima BKN Award 2017 non kementerian yakni Badan Arsip Negara, badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Search and Rescue, dan Polisi Republik Indonesia.
Selain Rote Ndao ada 19 daerah yang mendapat apresiasi dari BKN yang dibagi menjadi empat kategori yaitu lima pemerintah tingkat provinsi, lima tingkat kabupaten/kota tipe A, B dan C.
Lima provinsi yang mendapat BKN Award 2017 yaitu D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur
Lima kabupaten/kota tipe A yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banyuwangi, Kota Semarang, Kota Sorong dan Kota Ternate.
Lima kabupaten/kota tipe B yakni Kota Banda Aceh, Kabupaten Banteng, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Tobasa.
Lima kabupaten/kota tipe C yakni Kota Blitar, Kota Kotamubaga, Kota Tarakan, Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Rote Ndao. (diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017