Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao,Drs. Jonas M.Selly,MM melantik Badan Pengurus Ketua Umum Pengurus Cabang Himpunan Kesehatan Lingkungan(HAKLI) periode 2017 – 2022 serta membuka kegiatan seminar peran sanitarian dalam rangka mewujudkan visi misi Pembangunan di Kabupaten Rote Ndao dan peran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan jabatan fungsional sanitarian untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan di kabupaten Rote Ndao bertempat di Auditorium Tii Langga Rabu 12 Juli 2017.
Sesuai Berita Acara pelantikan pengurus cabang Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kabupaten Rote Ndao periode 2017 s/d 2022 , Ketua Umum pengurus cabang HAKLI kabupaten Rote Ndao,dipercayakan kepada Yandry Y.Salam Napoe,Amkl dan dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Daerah Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (PENGDA) provinsi Nusa Tenggara Timur, Micael Johan S. Takesan, SKM, M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao dan disaksikan badan pengurus,anggota HAKLI kabupaten Rote Ndao dan sejumlah undangan.
Bupati melalui, Sekretaris Daerah, Drs. Jonas. M. Selly. MM dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum kegiatan ini merupakan Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya dan khususnya di bidang kesehatan relatif belum optimal. Peran serta kesehatan lingkungan/sanitasi belum nampak secara jelas oleh karena keterbatasan pada berbagai tingkatan dan tahapan tahapan perencenaan, salam pelaksanaan,maupun evaluasi serta pengambilan keputusan. Oleh karena itu pembangunan berkelanjutan, berbasis masyarakat dan berwawasan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab bersama semua komponen masyarakat dalam membangun individu masyarakat yang sehat dan berkualitas agar mampu menggumuli hidup dan kehidupan secara bijaksana dan bertanggung jawab.
Menurutnya, Harus kita sadari bahwa dalam rangka membangun kemandirian menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera di bidang kesehatan lingkungan sangat dibutuhkan pemberdayaan profesi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI ) dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lingkungan/sanitasi, untuk mewujudkan kualitas lingkungan/sanitasi yang sehat, baik fisik, kimia, biologi maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi tingginya.
“HAKLI sebagai organisasi profesi,para anggotanya harus dilandasi oleh kemampuan dan ketrampilan di bidang ilmu dan seni kesehatan lingkungan dalam upaya mengembangkan budaya perilaku hidup sehat dan pengelolaan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, sehat, sejahtera sesuai dengan harkat dan martabat manusia”kata Selly.
Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) atau sanitarian di Indonesia sudah diberikan batasan sebagai tenaga profesional di bidang kesehatan lingkungan yang memberikan perhatian terhadap aspek kesehatan lingkungan,air,udara,tanah,makanan dan vektor penyakit pada kawasan perumahan,tempat tempat umum, tempat kerja,industri, transportasi dan matra. Sehingga momen yang bermartabat ini adalah merupakan usaha dan upaya sadar yang terencana dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang mencakup lingkungan permukiman, namun tempat kerja, tempat rekreasi, serta tempat tempat Fasilitas umum lainnya.
“sanitasi menyelamatkan hidup banyak orang dan mencegah banyak penyakit yang bisa menyerang keluarga, dan peningkatan sanitasi dan perilaku bersanitasi yang baik dapat mengurangi risiko semua penyakit dan kesakitan hingga 80 persen bahkan menyelamatkan dari kematian jutaan manusia tiap tahunnya, oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menyediakan rasa aman dan terlindungi untuk memenuhi hak dasar manusia”ujar Selly.
Sementara itu, Ketua Umum Pengda HAKLI Provinsi Nusa Tenggara Timur, Michael Johan S. Takesan, SKM, M. Si dalam kesempatan menegaskan bahwa komitmen Pengurus Pusat pengurus daerah khususnya pengurus cabang HAKLI kabupaten Rote Ndao merupakan suatu kesatuan yang utuh dan saling berintegrasi yang didukung dengan motto “Bersatu bulatkan tekad, bangkit menunjukan Profesionalisme HAKLI yang andal” sesuai.( Kru peliputan Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017