Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi untuk penyaluran kepedulian sosial senilai total Rp 2.182.500.000 untuk meningkatkan kualitas sarana fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat di desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin, (13/8/2018).

Komitmen tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya keadilan sosial dan mendukung penguatan peran BUMN sebagai agen pembangunan.

Sembilan BUMN yaitu PT LEN Industri, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, PT PLN, PT Pegadaian, PT Pertamina, PT Telkom Indonesia dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin, Senin (13/8) di Oebela mengatakan masih banyak daerah tertinggal dan terdepan yang terbatas sarana komunikasi. Dengan diresmikannya salah satu  BTS untuk PLTS untuk sistem komunikasi diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat  melalui komunikasi yang lebih terbuka dan mewujudkan impian anak bangsa di wilayah terdepan dan tertinggal.

Dia menjelaskan PT. LEN melalui anak perusahaan PT SEI sejak 2016 telah membangun PLTS untuk sistem telekomunikasi sebanyak 363 di seluruh Indonesia .

Sementara Menteri BUMN, Rini Soemarno mengungkapkan bahwa Presiden selalu menekankan agar BUMN  terus meningkatkan perekonomian bangsa.

“Kelola BUMN secara baik agar kita lebih banyak membantu rakyat di negeri ini.,” kata Menteri Rini.

Berikut ini penyerahan CSR dari beberapa BUMN, diantaranya oleh PT LEN Industri total bantuan Rp.542.500,000 berupa 5 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya, 30 unit lampu sehen, 1 unit pompa tenaga surya, 5 unit MCK, 10 unit alat produksi gula aren dan 1 unit renovasi rumah ibadah., dari Bank BRI total dana 350 juta  untuk renovasi 4 gereja dan pompa air1 tenaga surya dari PT Telkom Indonesia 115 juta berupa  motor gerobak dan 1 kompresor pos perbatasan Bank BNI 250 juta berupa 5 PJU Tenaga Surya  dan 25 lampu sehen, Bank Mandiri 125 juta  berupa  25 unit lampu sehen,  dari PT PLN 5 unit  PJU Tenaga Surya, 1 unit pompa air tenaga surya dan  5 PJU di Pos Perbatasan, PT ASDP Indonesia Ferry, 100 juta berupa 20 unit lanpu sehen,   dari pegadaian  150 juta yakni 1 unit pompa air tenaga surya PT Pertamina 150 juta berupa  1 unit pompa air dan PT Pegadaian berupa pompa air tenaga surya.

Keseluruhan bantuan CSR berjumlah Rp 2.182.500.000 diserahkan kepada sembilan orang perwakilan masyarakat.

Terpisah, Kepala Desa, Oebela Simson Hanas mengungkapkan sebelumnya penerangan di Oebela  menggunakan diesel milik Desa  sejak tahun 2016 yang hanya mampu  melayani dua puluhan kepala keluarga.

“itupun hanya dua jam saja, dengan bantuan ini kami sungguh sangat terbantu. Atas nama masyarakat Oebela saya sampaikan terima kasih buat ibu Menteri dan seluruh pimpinan BUMN serta bapak Bupati Rote Ndao yang telah membantu kami di Oebela,” kata Simson.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao Leonard Haning mengatakan beberapa bulan lalu saat kunjungan Menteri Kominfo RI di Rote Ndao, Menteri menyampaikan bahwa akan dibangun BTS untuk sistem komunikasi di Rote Ndao dan hari ini (Senin) masyarakat telah saksikan peresmiannya.

“Kurang lebih dua bulan saja. Sangat cepat,” ucap Bupati Haning.

Haning berharap masyarakat dapat memanfaatkan secara baik untuk kesejahteraannya.

Untuk diketahui, PLTS sebagai sumber listrik utama perangkat Telekomunikasi BTS di Desa Oebela memiliki kapasitas 4.680 Watt peak yang terdiri dari 18 unit panel surya 260 Watt peak, serta dilengkapi pula dengan 24 unit baterai di area lahan seluas 324 meter persegi. (djn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017