pelatihan umkm 2016Setda,– Pelaku usaha khususnya yang bergerak dibidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) disadari memiliki peran penting  dalam mendorong lajunya pertumbuhan perekonomian demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan Bangsa, Negara dan masyarakat.  Hal ini telah nyata dari peran mereka dalam memperkokoh perekonomian nasional melalui berbagai keterkaitan usaha, menciptakan efisiensi ekonomi akibat pemanfaatan sumber daya lokal dan posisi mereka sebagai sarana pendistribusian pendapatan nasional karena jumlh mereka yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Rote Ndao Pemerintah mulai membuka mata terhadap peran penting Usaha Mikro Kecil dan Menengah bagi masyarakat. Perhatian itu berwujud dalam berbagai aturan dan kebijakan yang dituangkan dalam kerangka upaya meningkatkan partisipasi UMKM dalam pembangunan Kabupaten Rote Ndao kedepan. Paradigma pembangunan yang dulunya berfokus pada pemerintah sebagai motivator, sekarang mulai bergeser ke tangan para wirausaha.

Selaras dengan salah satu misi Kabupaten Rote Ndao yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing maka Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekrenasda ) Kabupaten Rote Ndao sebagai paying bernaungnya para pecinta dan peminta seni serta sebagai fasilitator pembinaan kerajinan di Kabupaten Rote Ndao dalam pengembangan kerajinan dituntut untuk mewujudkan perhatiannya lewat pemberian pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan taraf hidup pengrajin.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala saat membacakan sambutan tertulis Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM pada pembukaan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan bagi pengrajin se- Kabupaten Rote Ndao di auditorium Ti’i Langga Permai, Komplek Perkantoran Bumi Ti’i Langga Permai, kamis ( 13/10/2016 ).

“ Pelatihan dan pendampingan  ini diharapkan dapat memberikan hasil akhir terbaik, menjadikan pelaku usaha lebih berkualitas tidak hanya terbatas pada hasil kerajinan saja, namun lebih mengarah kepada kemampuan pengembangan usaha ke skala yang lebih besar.  Ada beberapa factor yang dapat menghambat pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya seperti, sumber daya manusia yang rendah, modal usaha dan pemasaran hasil produksi,” kata Bupati Haning.

Bupati berharap, melalui pelatihan dan pendampingan ini peserta  yang akan melahirkan wirausaha-wirausaha sukses yang berdaya saing di era tuntutan ekonomi yang semakin pesat saat ini. “ Kiranya peserta dapat diberkahi pengetahuan untuk memahami banyak hal tentang kewirausahaan yang kreatif dan berinovatif untuk membuka relasi dengan wirausaha yang telah maju dalam bidang yang digelutinya,” ucap Bupati Haning.

Ketua Penyelenggara, Edy Ch. Manafe, S.Pd dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut diperuntukkan bagi 90 orang wirausahawan  yang berasal dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rote Ndao terkecuali Kecamatan Ndao Nuse dan Kecamatan Landu Leko.

Dia menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan pengelolaan usaha agar para perajin UMKM dapat tumbuh dan berkembang. “ Dari kegiatan ini kiranya dapat meningkatkan pengetahuan dan  kemampuan pelaku UMKM sehingga dapat melakukan usaha dengan benar, memperluas jaringan pemasaran dan dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak,” kata Edy Manafe.

Sementara materi yang akan diberikan sambungnya, antara lain kiat sukses berwirausaha, strategi pegembangan UMKM dan peran Pemerintah dan meningkatkan ekonomi UKM dengan pemateri: Drs. Melyanus Mandala (Asisten Perekonomian dan Pembangunan), Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag, Eduard Ndolu, SH,  Ketua Dekranasda Kabupaten Rote Ndao dan  Direktris CV. Beumuku Elba Jaya Kupang, Olvira Ballo. ( Humas Pemkab Rote Ndao )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017